Skip to main content
Ruangan kelas memang membuat pembelajaran menjadi sumpek. Kemarin saya ajak kelas saya (kuliah security) untuk belajar di luar kelas saja. Saya pilih pelataran parkir dekat Gedung Kuliah Umum baru di kampus ITB. Di situ agak teduh, meski terasa panas karena dari pelataran parkir.

Adanya keterbukaan ini membuat mahasiswa menjadi lebih rileks dan lebih terbuka. Hal-hal yang lucu-lucu menjadi muncul. Now we know who the class comedian is! Saya rasa apa yang diajarkan pada saat itu lebih membekas di otak mereka. Waktu itu saya minta mereka untuk menyebar dan mewawancarai orang-orang (mahasiswa lain?) yang lewat tentang masalah security dan melaporkannya ke kelas. Banyak yang lucu-lucu. Ada yang menggunakan kesempatan ini untuk berkenalan dengan mahasiswi dari departemen lain.

Lain kali akan saya perbanyak model pembelajaran seperti ini.

Comments

andika said…
he he, materinya social engineering nih? ;-)
Anonymous said…
Asyik juga belajar di luar ruangan. Kelas ber-AC pun kadang malah bikin ngantuk karena tingkat kenyamanan yang tinggi. Idenya ok banget, kuliah sambil liat-liat mahasiswi sebelah :))

Coba sekali-kali pak Budi mengadakan ujian di luar juga, eh...pak budi gak pernah ngasih ujian ding...

Salam

MSW-sbastian.deviantart.com
Riky Kurniawan said…
Emang nama institusinya apa mas?? saya jg mau belajar dsana niy..

Popular posts from this blog

Himbauan Kepada Hacker & Cracker Indonesia & Malaysia

Kepada Hacker & Cracker Indonesia & Malaysia,

Saya mengharapkan anda tidak melakukan penyerangan atau/dan pengrusakan situs-situs Indonesia dan Malaysia.

Saya mengerti bahwa akhir-akhir ini beberapa masalah di dunia nyata membuat kita kesal dan marah. Namun kekesalan tersebut sebaiknya tidak dilimpahkan ke dunia maya (cyberspace). Semestinya sebelum melakukan aksi yang berdampak negatif, kita bisa melakukan langkah-langkah positif seperti melakukan dialog (melalui email, mailing list, bulletin board, blog, dan media elektronik lainnya).

Kita harus ingat bahwa kita hidup bertetangga dan bersaudara. Yang namanya hidup bertetangga pasti mengalami perbedaan pendapat. Mari kita belajar bertetangga dengan baik.

Saya berharap agar kita yang hidup di dunia maya mencontohkan bagaimana kita menyelesaikan permasalahan dengan kepala dingin dan hati yang lapang, sehingga para pemimpin kita di dunia nyata dapat mencontoh penyelesaian damai. Mudah-mudahan mereka dapat lebih arif dan bijaksana da…

Yummy ...

[seafood lamien @ banquet, singapore]

Books, books, books

A snapshot of stacks and shelves of books that I have to read. The stack on the right side is actually on a chair. You can't see the bottom of it. It's a mess. Actually, it shows that I read them.