Thursday, November 11, 2004

Kegiatan selama liburan ini

Apa saja yang saya lakukan selama 'liburan' ini ya? Sebetulnya tidak betul liburan karena saya tetap kerja di rumah. Beberapa laporan pekerjaan masih harus saya kerjakan. Tapi katakanlah ini liburan sebab orang lain libur. Jadi saya ikut suasana liburan lah.

Yang banyak saya kerjakan, ya jelas (1) ngoprek komputer. Update beberapa program dan ngoprek OpenBSD di sebuah komputer. Hanya sekedar ingin tahu saja. Sekarang masih belum sreg dengan cara update atau package management di OpenBSD, meskipun secara umum mirip dengan UNIX lainnya (Solaris, misalnya). Maklum saya sudah terbiasa dengan apt dari Debian. Akhirnya saya ambil cara saya sendiri, yaitu ambil berbagai source code dari GNU (misalnya) dan compile sendiri. Mungkin struktur direktori dari file yang terpasang nanti tidak cocok dengan standar OpenBSD, tapi lebih ke arah bawaan dari GNU. (Saya sendiri lebih suka dengan menggunakan struktur /usr/local, misalnya. Pokoknya yang saya pasang sendiri dipasang di /usr/local.)

Yang kedua (2) yang banyak saya kerjakan adalah membaca. Banyak buku dan majalah (terutama dari IEEE) yang menanti untuk saya baca. Saya mau coba cara mas Moko membaca dua buku setiap hari. Ya benar! Dua buku setiap hari. Ternyata tidak sanggup. Mungkin cara baca saya yang lambat? Buku yang saya baca bervariasi dari buku agama (maklum lagi bulan Ramadhan), biografi, dan buku teknis. Biografi yang baru selesai saya baca adalah buku "Lucky Man" karangan Michael J. Fox (itu lho bintang TV series Family Ties dan bintang film Back to the Future yang ternyata terkena Parkinson), sementara yang belum selesai adalah buku biografinya pak Buntoro (a friend of mine) seorang pengusaha (hospital furniture - MAK) dari Kalasan. (Yang menarik dari sini adalah sumber awal informasi mengenai pak Buntoro ini diperoleh dari mailing list pau-mikro - mungkin maksudnya BHTV - yang saya kelola!)

Yang ketiga (3), berburu lagu baik ke toko maupun di Internet. Kebetulan lagu-lagu yang saya cari adalah lagu yang populer sekitar tahun 70-an dan 80-an, beraliran pop, rock atau progressive rock. Sebetulnya ini terkait juga dengan tulisan saya (maunya jadi buku) tentang classic rock ["membedah classic rock"] yang tak kunjung selesai. Tepat sudah dua tahun buku ini saya tulis! Wow! (Ini bukan yang terlama. Rekor yang terlama adalah buku saya tentang security, sudah 6 tahun!) Hasil perburuan lumayan juga. Saya nemu CD Jay Graydon yang sudah lama saya cari-cari.

Selain itu, ... tidur. Ha ha ha. Maklum, ada alasan karena puasa sehingga capek. Sebetulnya tidak tidur, akan tetapi baca buku sambil tiduran. (Saya lebih suka membaca sambil tiduran. I need a nice sofa.)

2 comments:

Harry said...

Ya, memang OpenBSD masih belum ideal fasilitas package management-nya. Jim Geovedi juga bilang kalau upgrade package di OpenBSD biasanya dia lakukan manual.

Agak merepotkan kalau Anda tidak punya banyak waktu luang, mungkin Debian stable atau Gentoo (yang sudah di-harden) akan lebih cocok.

Otherwise - OpenBSD is quite amazing (security-wise)

Anonymous said...

Progressive rock.... IMW juga demen progressive rock :)