Skip to main content

Mengamati karya tulis siswa SMU/SMA/SMK

Baru-baru ini saya diminta untuk menjadi salah seorang juri pada lomba karya tulis ilmiah pada tingkatan SMU/SMK/SMK (atau yang sederajat). Ada beberapa hal yang menarik yang dapat saya tangkap dari tulisan mereka.

Yang pertama adalah bahwa sebagian besar menggunakan gaya bahasa yang "berbunga-bungan" dan terlalu banyak pendahuluan (introduction). Misalnya, penggunaan kalimat "sebagaimana kita ketahui..." dan sejenisnya banyak juga. Nampaknya ini merupakan kultur kita (dan akan tetap demikian jika kita melihat jejak ini).

Topik yang berulang-ulang, yang nampaknya mendapat perhatian besar dari mereka, adalah:

  • Energi. Banyak yang mencari alternatif energi, khususnya menghasilkan listrik.
  • Transportasi. Banyak yang mencari ide untuk mengantarkan barang. (Manusia bisa dianggap sebagai barang tidak ya?) Kebanyakan melalui terbang / melayang dalam berbagai bentuk. Bahkan ada yang mengusulkan melalui teleportasi dan nanoteknologi.
  • Penanganan sampah. Mereka mulai memperhatikan alternatif untuk memusnahkan sampah, termasuk plastik dan styrofoam.

Menarik ya ...

Comments

ronny said…
Kira-kira ada kemungkinan diposting online nggak papernya, Pak? Hehe.
budi said…
Sayang sekali saya hanya diberi hardcopy, dan itu juga sudah saya kembalikan ke panitia.
koen said…
Ya setidaknya excerpt-nya.

Popular posts from this blog

Himbauan Kepada Hacker & Cracker Indonesia & Malaysia

Kepada Hacker & Cracker Indonesia & Malaysia,

Saya mengharapkan anda tidak melakukan penyerangan atau/dan pengrusakan situs-situs Indonesia dan Malaysia.

Saya mengerti bahwa akhir-akhir ini beberapa masalah di dunia nyata membuat kita kesal dan marah. Namun kekesalan tersebut sebaiknya tidak dilimpahkan ke dunia maya (cyberspace). Semestinya sebelum melakukan aksi yang berdampak negatif, kita bisa melakukan langkah-langkah positif seperti melakukan dialog (melalui email, mailing list, bulletin board, blog, dan media elektronik lainnya).

Kita harus ingat bahwa kita hidup bertetangga dan bersaudara. Yang namanya hidup bertetangga pasti mengalami perbedaan pendapat. Mari kita belajar bertetangga dengan baik.

Saya berharap agar kita yang hidup di dunia maya mencontohkan bagaimana kita menyelesaikan permasalahan dengan kepala dingin dan hati yang lapang, sehingga para pemimpin kita di dunia nyata dapat mencontoh penyelesaian damai. Mudah-mudahan mereka dapat lebih arif dan bijaksana da…

Yummy ...

[seafood lamien @ banquet, singapore]

Books, books, books

A snapshot of stacks and shelves of books that I have to read. The stack on the right side is actually on a chair. You can't see the bottom of it. It's a mess. Actually, it shows that I read them.