Thursday, December 22, 2005

Bandung: talent magnet

Diambil dari blognya BHTV: bhtv.blogspot.com

Percaya atau tidak, Bandung merupakan “talent magnet.” Tanpa iklan ataupun promosi besar-besaran, lulusan sekolah menengah atas di Indonesia berbondong-bondong menuju Bandung untuk sekolah. Kebanyakan dari mereka adalah juara kelas. Inilah “harta karun” dari Bandung.

Mulai dari “The World is Flat“-nya Thomas Friedman, sampai ke “The Flight of the Creative Class: The New Global Competition of Talent“-nya Richard Florida, dan masih banyak buku serta tulisan semuanya membahas mengenai pentingnya talenta-talenta ini. Sumber daya alam, seperti minyak, bukan hal yang utama lagi. SDM yang utama. Mengapa hal ini sulit kita pahami?

Sayangnya, hal ini kurang dimengerti oleh banyak orang sehingga talenta-talenta ini meninggalkan Bandung setelah mereka lulus. Alasannya sederhana, tidak ada bisnis dan lapangan kerja di Bandung. Itulah sebabnya BHTV melobby perusahaan besar (multinational companies) agar membuat perusahaan, research center, dan support di Bandung. Selain itu juga BHTV mencoba membujuk para talenta ini untuk membuka usaha di Bandung.

Mudah-mudahan para petinggi di Bandung Raya - bahkan petinggi Indonesia - beserta penduduknya mengerti akan “harta karun” yang kita miliki. Kala dunia berusaha mencari dan merekrut harta karun talenta ini, kita tidak melakukan apa-apa. Ayo kita buat usaha-usaha di Bandung Raya.

4 comments:

feha said...

betul juga pak.
saya sendiri saat ini adalah seorang mhs tingkat akhir di Fasilkom UI. Kemarin saya sempat berdiskusi dengan teman2 utk menanyakan pendapat mereka bahwa saya akan pulang ke bandung setelah lulus untuk bekerja.
Tapi mereka semua menyarankan saya untuk tetap di jakarta karena lapangan kerja di jakarta lebih banyak.

Sekarang saya jadi bingung. Karena sebenarnya saya ingin sekali kembali ke bandung untuk yah "membangun" mungkin kota saya tercinta itu.

mungkin bapak ada saran untuk saya :)

bowieWorlds said...

halo pak budi ..saya bowie ( indosat training participant di jatiluhur 20-21 Des 2005 ).. saya banyak teman SMA yg kuliah dibandung tetapi pada saat lulus mereka kerjanya tidak di bandung , walaupun ada sebagian besar dari mereka hometownnya di bandung.. alasan mereka simple bandung itu kota atau tempat buat belajar dan mencari relasi selebihnya carilah di luar Bandung ..jadi ini merupakan tantangan buat orang2 seperti pak budi buat membuat bandung menjadi tempat yg menarik buat para pencari kerja....

estananto said...

pak Budi,
barangkali BHTV sudah melobby pemda kodya atau Menristek? Untuk investasi perusahaan multinasional kan mereka butuh kepastian investasi dan fasilitas. Apa yang bisa saya bantu pak? Saya siap setiap saat.
Untuk outsourcing saya belum melihat kemungkinan karena paling tidak butuh track record dan proyek yang sesuai. Kebanyakan VLSI Design sekarang di outsourcing ke India, antara lain karena peran aktif pemda di sana.
Estananto (Nano) TF92

adriel_industrial said...

tepat sekali pak budi, bandung emang cocok untuk usaha, entah apapun itu bentuknyaa bandung memang surga bagi pengusaha, terutama bagi mereka yang berdagang, tapi kendalanya gini pak, saya punya dan sekitar diatas yaa 7jtan lahh saya bingung nehh pak usaha apa yang cocok dengan uang minim namun target konsumennya adalah remaja sekolah atau mahasiswa.. saya sendiri berinisial di bandung, mahasiswa tingkat akhir teknik industri,awalnya saya pengen buka w arnet namun mencari tempat yang startegis butuh lokasi dengan dana yang cukup mahal, trima kasih pak mohon bantu dan bimbing saya.