Skip to main content

Serangan (lagi) ke blogger Indonesia

Dari blog saya yang di rahard.wordpress.com

Saya mendapat forward-an SMS yang intinya adalah sebagai berikut (tidak saya kutipkan persis):
saya memantau para blogger di milis. mereka adalah komunitas yang cenderung tanpa tata etika. merekalah menjadi aturannya. di masa yang akan datang mungkin akan ada masalah lain.

Welah. Saya tidak tahu milis mana yang dimaksud oleh SMS tersebut. Dugaan saya adalah milis id-gmail, yang saya sendiri tidak ikutan karena terlalu urakan. (Hoi para gajah! Gak boleh marah. Milis Anda memang urakan.) Mungkin urakan inilah yang disebut tanpa tata etika? Saya kok menduga bahwa yang bersangkutan memang tidak memahami maksud dan tujuan dari milis id-gmail tersebut, yaitu memang untuk urakan! ha ha ha :))

Saya yakin lebih banyak blogger Indonesia yang seperti saya, yang lebih senang duduk sendiri berkontemplasi kemudian menuliskan hasil pemikiran, renungan, atau lamunannya. Sangat tidak adil menuduh para blogger Indonesia sebagai sebuah komunitas yang tanpa tata etika. Kebanyakan blogger muncul secara terbuka sebagai individu yang paham dengan etika. Tidak ada bedanya blogger ini dengan penulis di media masa konvensional. Bahkan lebih jauh lagi saya berpendapat bahwa blogger ini tidak berbeda dengan penulis di milis-milis. Medianya saja yang berbeda. Jika anggota milis tidak dipermasalahkan, mengapa blogger dipermasalahkan?

Blog merupakan sebuah bentuk pemberdayaan manusia. Dia merupakan salah satu wujud (atau wahana?) globalisasi 3.0 yang diuraikan oleh Thomas Friedman dalam bukunya “The World is Flat.” Saya sangat yakin blog memberikan dampak postif bagi insan manusia Indonesia. Mungkin ada dampak negatif, sebagaimana dengan teknologi apapun, akan tetapi dampak positif jauh melebihi dampak negatifnya.

Sudah saatnya masyarakat perlu diberi pemahaman apa blog dan blogger itu dan manfaatnya. Ayo!

Pertanyaan: Apakah Anda termasuk seorang blogger tanpa etika?

Comments

andriansah said…
Aneh yah, ada orang yang beraninya ngomong melalui sms, komentar di tempat tidak jelas, menyalahkan orang lain tanpa bukti.
Lalu jika dia terbukti salah, dia tidak berani mengakui kesalahannya.

Apa begini ciri2 orang Indonesia yang baik?

Saya tidak!
idban said…
kayaknya blog itu ngeri banget yak :)
jadi inget kaosnya pak Budi :D bagi dong pak.
flafea said…
Blog menyajikan kebebasan bermedia, ketika akses kita atas media 'arus utama' (suratkabar, radio, televisi, dll.) sangat terbatas.

Tak ada penyunting yang menggunting..
Tak ada penyiar yang menyensor..
Yang ada hanya blogger dan pembaca blognya. :)

"Selamat Nge-blog!"
Wahyu said…
Kalau ada yang SMS seperti itu seolah-olah blogger itu jahat dan urakan, menyedihkan :(

Padahal blogger itu dari kacamata saya sebanding dengan penulis di koran atau media lain, cuma lain medianya saja.
bowieWorlds said…
saat ini saya punya tiga blog ( FS, Multiply dan blogspot ) ..saya sangat amazing dengan respon orang terhadap blog saya walaupun blog saya tidak banyak dan tidak secanggih orang2 ..tapi blog tersebut merefleksikan diri saya, dengan begitu orang2 disekitar saya tahu siapa diri saya sebenarnya... sangat picik orang2 yg berpikiran sempit seperti itu .. saya rasa ybs adalah orang yg biasa perintah sana perintah sini jadi takut akan tidak bisa memerintah orang lagi...
So !!! Lets Nge Blog...
wanda said…
hueheh..hebat yach, pada pinter nulis..saya tergantung mood klo nge-blog..kadang isinya emang hanya sampah..soalnya saya bukan orang pinter :P
blog yg dikategorikan cerdas, dia akan memberikan ilmu kepada yg lain, membagikan pengetahuan, membuat orang yg membaca senang...banyak blog yg kesannya dipaksakan..menggambarkan diri penulisnya, klo tujuannya emang buat diary..lain soal.
tapi klo tujuannya hanya utk mengeluarkan kemampuan menulis..mungkin bisa dibilang, tempat unjuk gigi, dan emang itu butuh etika. Great writer knows how to write, how about you?
Irwin Day said…
GW sih nge-Blog setelah berapa kali coba submit tulisan ke media gak bisa dimuat dengan alasan: gw nggak terkenal, aduh kacian deh gw :))
Anonymous said…
ah pasti om kermit alias si pakar pornomatika itu =) .. kalo ga si kermit pasti anteknya kermit hwa hwa hwa... dasar!

=p

udah,rame2 kita format aja yuk si kermit hehehe..
JaF said…
hmm.. menurut saya.. mmmm.. begini.. hmm... hallahh..!!! wis lah!! kebanyakan ngomong malah sebel sendiri..

Anjing menggongong, kafilah nulis di blog.. hehehehe

Mending nge blog lagi ah..

*Pak, bocoran dong.. siapa tuhhh yang sms..*
fanani said…
#wanda
isi blog saya dipaksakan gak ya ? apakah isinya sampah semua ya(kategori sampah dan tidak itu apa) ?
so tujuan blog itu apaan ?
jangan men-judge ah.. malu

Popular posts from this blog

Himbauan Kepada Hacker & Cracker Indonesia & Malaysia

Kepada Hacker & Cracker Indonesia & Malaysia,

Saya mengharapkan anda tidak melakukan penyerangan atau/dan pengrusakan situs-situs Indonesia dan Malaysia.

Saya mengerti bahwa akhir-akhir ini beberapa masalah di dunia nyata membuat kita kesal dan marah. Namun kekesalan tersebut sebaiknya tidak dilimpahkan ke dunia maya (cyberspace). Semestinya sebelum melakukan aksi yang berdampak negatif, kita bisa melakukan langkah-langkah positif seperti melakukan dialog (melalui email, mailing list, bulletin board, blog, dan media elektronik lainnya).

Kita harus ingat bahwa kita hidup bertetangga dan bersaudara. Yang namanya hidup bertetangga pasti mengalami perbedaan pendapat. Mari kita belajar bertetangga dengan baik.

Saya berharap agar kita yang hidup di dunia maya mencontohkan bagaimana kita menyelesaikan permasalahan dengan kepala dingin dan hati yang lapang, sehingga para pemimpin kita di dunia nyata dapat mencontoh penyelesaian damai. Mudah-mudahan mereka dapat lebih arif dan bijaksana da…

Band progressive rock baru?

Lepas dari yang serius-serius sebentar. Kita ke musik lagi.

Terus terang saya tadinya mulai merasa bahwa musik progressive rock bakalan mati. Seperti lirik dari lagu band Asia - "Rock and Roll Dream":

When I see your faces from the limousine. No chance of our survival...

Tapi setelah saya mendengarkan The Flower Kings, harapan tumbuh lagi. Band yang dimotori oleh Roine Stolt (gitar) memiliki nuansa (melodi?) yang selaras dengan band-band terdahulu. Mereka sanggup membawakan lagu Cinema Show-nya Genesis dengan sempurna. Bahkan lebih baik menurut saya. Jadi, para penggemar sekalian, progressive rock akan tetap tumbuh subur.

Roine Stolt juga menjadi bagian dari band Transatlantic yang juga memiliki nuansa progressive rock. Maklum, mereka campuran dari Dream Theater, Marillion, The Flower Kings, dan Spock's Beard. Meski, ada lagu bootleged live show mereka yang kedodoran membawakan lagu "Firth of Fifth" nya Genesis. Ternyata band besar bisa kedodoran juga.

Repotnya, mus…

news from the trenches: acknowledgement, award, and more work to do

It's time to post some news...

The 15 September 2004 edition of Swa Magazine listed me as one of maestro in specific field. In my case, they put me under IT security expert. Wow! I didn't know this until somebody told me to buy the magazine. (Here's the page scanned from the magazine.)

I was also awarded IGOS award. IGOS is "Indonesia Goes Open Source," a movement lead by Research and Technology Ministry in Indonesia. I didn't go to the celebration since I was sick at that time. I am not sure whay I was awarded though. I thought my contribution to the open source community is still minimal.

New schoolyear has been started. It's time to teach classes. I am teaching two classes; Introduction to Programming (with Object Oriented) and System Security (grad course). Meanwhile, I've got new students working on their theses.

On the University R&D side, my term as the Director of IT Research has ended. I am glad. I was not too happy with the position since…